Jurnal9 Update
You are here: Home / Program / Jurnal 9 / Kosmopolitan / Toleransi Antar Umat Beragama, Antisipasi Kekerasan Terhadap Pelajar
Toleransi Antar Umat Beragama, Antisipasi Kekerasan Terhadap Pelajar

Toleransi Antar Umat Beragama, Antisipasi Kekerasan Terhadap Pelajar

Sidoarjo, TV9 Surabaya

Untuk mengantisipasi tawuran antar pelajar dan  premanisme, khususnya untuk siswa berbeda keyakinan, Pemerintah Daerah Sidoarjo menggelar dialog antar umat beragama tingkat pelajar Sekolah Menengah Atas se kabupaten Sidoarjo. Kegiatan tersebut sekaligus memberikan pencerahan bagi siswa kelas tiga jelang Ujian Nasional.

Bertempat di pendopo Delta Wibawa kabupaten Sidoarjo, sebanyak empat ratus siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan, Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah mengikuti dialog interaktif untuk membahas kerukunan antar umat beragama setingkat pelajar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menekan angka premanisme, salah satu penyebab sering terjadinya tawuran dan premanisme adalah karena pelajar tidak memahami makna dari Pancasila.

Dialog kerukunan antar umat beragama tingkat pelajar ini dihadiri oleh berbagai tokoh lintas agama antara lain I Gusti Ketut Budiartha wakil ketua PH di Sidoarjo, Nugroho Adi Putra perwakilan agama Budha, Romo Paulus Gusti perwakilan dari agama Katolik dan Drs. Suharmanto perwakilan dari agama Islam.

Sosialisaisi ini memberikan pengertian dan pemahaman bagi generasi muda tentang pentingnya kerukunan antar umat beragama. Para siswa ini juga diberikan pencerahan dan himbaun terkait kesiapan jelang ujian nasional yang sebentar lagi di gelar.

Rohid Khan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top